Urgensi Buku Ajar Bagi Dosen

Dosen adalah pendidik profesional sekaligus ilmuwan yang memiliki tugas utama mentransformasikan ilmunya kepada mahasiswa. Untuk memudahkan penyampaiannya, dosen dituntut menyusun materi ajar dengan baik yang mudah dicerna mahasiswa. Karena, materi ajar tersebut sebagai komponen penting dalam peroses belajar-mengajar. Materi ajar dari dosen dijadikan pedoman atau sumber referensi utama mata kuliah yang diambilnya. Selain itu, mahasiswa bisa lebih mudah mengikuti materi perkuliahan, serta dapat mempelajarinya sebelum dosen menyampaikan.

Keuntungan bagi dosen yaitu: a) memudahkan dosen untuk menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswanya; b) dosen akan mengetahui target materi yang hendak disampaikan ke mahasiswa; dan c) dosen bisa memberikan tugas untuk mempelajari materi kuliah tersebut tanpa harus mengadakan perkuliahan pada pertemuan tertentu jika dosen tersebut ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan.

Materi ajar yang disusun dosen adalah sebuah bentuk karya ilmiah. Oleh karena itu, kurang bijaksana rasanya jika dibiarkan begitu saja tanpa ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya, yaitu dicetak menjadi sebuah buku. Mengapa buku? Karena akan ada banyak keuntungan yang bisa didapat dosen jika materi-materi ajar yang  mereka susun tersebut berhasil dikonversi menjadi buku. 

Pertama, materi ajar yang sudah dikonversi menjadi sebuah buku, bisa diajukan sebagai salah satu syarat KUM dalam kenaikan pangkat atau golongan dosen itu sendiri. Kedua, secara finansial, dosen akan mendapatkan keuntungan dari royalti penjualan buku yang ia tulis tersebut. Ketiga, buku dosen yang sudah diterbitkan juga dapat memberikan keuntungan untuk lembaga/kampus tempat dosen bernaung. Salah satunya dapat menunjang akreditasi bagi program studi atau lembaga yang bersangkutan.


Kami, Penerbit Manggu, hadir untuk memfasilitasi para dosen dalam penerbitan buku-buku ajar. Penerbit Manggu menawarkan kepada para dosen untuk menjadikan materi-materi ajar atau modul yang mereka susun menjadi sebuah buku yang diterbitkan sebagaimana layaknya sebuah buku referensi.

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget