Teori & Implementasi Kewirausahaan UMKM


Judul: Teori & Implementasi Kewirausahaan UMKM
Penulis: 
Erna Herlinawati, Dra., M.Si.
Riyandi Nur Sumawidjaja, Drs., M.M.
Dr. Amir Machmud, S.E., M.Si.

Ukuran: 17,5 x 25 cm
ISBN: 978-602-50508-4-8
Harga: Rp65.000

Peran penting UMKM dalam perekonomian nasional sudah tidak perlu diragukan lagi. Pengaruh UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga bagi pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Dalam Profil Bisnis Bank Indonesia (2015) dinyatakan, UMKM berkontribusi cukup signifikan terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. UMKM berperan dalam memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan stabilitas nasional. UMKM juga sangat membantu negara dan pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja. Lewat UMKM, banyak tercipta unit-unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru. 

Namun begitu, satu hal yang tidak bisa dipungkiri, sebagian besar UMKM yang ada saat ini muncul karena kondisi 'terpaksa' akibat sulitnya lapangan kerja. Kebanyakan UMKM, lahir semata berdasar orientasi pemenuhan kebutuhan hidup semata. Itulah mengapa, pada umumnya, UMKM masih dikelola seadanya dan dengan cara tradisional. Para pelaku UMKM banyak yang belum memiliki motivasi kewirausahaan.

Buku referensi yang secara khusus membahas tentang kewirausahaan UMKM masih sangat terbatas, lewat buku ini, penulis berupaya menyajikan bahasan selengkap mungkin terkait pengembangan kewirausahaan di sektor UMKM. Buku referensi ini, secara garis besarnya memuat pembahasan mengenai langkah-langkah pengembangan kewirausahaan UMKM, baik secara teori maupun implementasinya. Maka, ditilik dari cakupan materinya, buku ini sangat cocok dijadikan referensi bagi para pelaku wirausaha maupun pihak-pihak yang fokus dalam pengembangan kewirausahaan UMKM. Buku ini juga bisa menjadi referensi mahasiswa S1 dan Pasca Sarjana yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan.

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget