Pentingnya Modul dalam Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi



Sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan istilah ‘modul’. Modul sangat erat kaitannya dengan pelajaran atau mata kuliah di perguruan tinggi atau di lembaga-lembaga pendidikan formal maupun nonformal.

Modul adalah semacam paket program untuk keperluan belajar. Sedangkan modul pembelajaran adalah satuan program belajar mengajar  yang terkecil, yang dipelajari oleh pelajar didik sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh peserta didik kepada dirinya sendiri (self-instructional).

Mengapa modul diperlukan dalam pembelajaran di perguruan tinggi?

Ketika dosen menyampaikan materi kuliah dengan metode standar terkadang sering tidak efektif. Hal ini dikarenakan banyak hal yang menjadi kendala, yaitu:

(1) Kurangnya waktu untuk menyampaikan secara baik semua materi sesuai silabus.

(2) Kurangnya media visualisasi yang baik.

Karena permasalahan tersebut, maka banyak dosen berinisiatif menyusun modul agar materi mata kuliah yang harus disampaikan kepada mahasiswanya selama satu semester dapat tersampaikan secara keseluruhan. Dengan adanya modul, mahasiswa dapat dengan mudah mempelajarinya di rumah, walaupun materi tersebut belum disampaikan dosen.

Begitu juga dengan dosen yang menyampaikan mata kuliah tersebut. Dosen dapat dengan mudah merancang dan menyusun materi perkuliahan selama satu semester. Dalam proses belajar mengajar, dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah mengontrol materi apa yang sudah disampaikan dan yang belum disampaikan. Sehingga, dalam proses belajar mengajar akan lebih asyik dan menyenangkan.

Di samping itu, kelebihan dan keuntungan lain bagi dosen itu sendiri adalah modul tersebut dapat diajukan menjadi salah satu syarat memperoleh KUM. Dimana nilai yang diberikan DIKTI adalah sebesar 5 poin. Sehingga dosen tidak hanya memberikan keuntungan dalam proses belajar mengajar saja bagi dosen, tetapi mendapatkan nilai atau poin bagi dosen itu sendiri sebagai salah satu penunjang dalam berkarier.

Lebih dari itu, sebenarnya dosen juga bisa lebih mendapatkan pion lebih besar dari dosen. Dimana dosen tersebut bisa mendapatkan 20 poin.

Bagaimana cara mendapatkan poin lebih banyak dari poin tersebut?

Cara terbaik adalah dengan menerbitkan modul tersebut menjadi buku ajar. Tentunya merubah modul menjadi buku ajar tidak mudah. Otomatis dosen harus menyerahkan modul tersebut ke penerbit untuk diterbitkan.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh dosen untuk menerbitkan modul menjadi buku ajar.

1. Dosen harus lebih melengkapi lagi isi modul tersebut dengan penjelasan-penjelasan yang mudah dipahami oleh pembaca.

2. Modul yang sudah lengkap dengan penjelasan isinya, diserahkan ke penerbit untuk diterbitkan.

3. Modul tersebut akan diproses oleh penerbit, apakah modul tersebut layak terbit atau tidak.

4. Jika modul tersebut layak terbit, maka penerbit selanjutnya akan memproses naskah modul tersebut menjadi buku ajar. Dan jika tidak, maka naskah modul tersebut akan dikembalikan kepada dosen sebagai penulisnya.

Modul tentunya akan berbeda dengan buku ajar. Dimana modul tidak memerlukan penerbit yang menerbitkan. Sedangkan buku ajar harus penerbit yang menerbitkannya. Di samping itu, modul tidak harus memakai ISBN, sedangkan buku ajar perlu adanya ISBN. Karena jika ada ISBN berarti buku ajar tersebut sudah terdaptar di PERPUSNAS.

Nah, jika bapak dan ibu dosen ingin mendapatkan poin lebih dari poin yang diperoleh dari modul, maka bapak dan ibu harus menjadikan modul tersebut menjadi buku ajar. Caranya dengan menyerahkan modul tersebut ke penerbit untuk diterbitkan.

Jika bapak dan ibu masih bingung, silahkan bertanya ke kami tentang bagaimana menerbitkan modul menjadi buku ajar. Kami siap melayani dan menjelaskannya.

Kami juga menerima modul-modul mata kuliah yang bapak dan ibu ampu. Karena dengan cara menerbitkan modul menjadi buku ajar akan lebih banyak keuntungan bagi bapak dan ibu.
Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget