Nepal Merubah Sistem Pemerintahan

Nepal merubah sistem pemerintahannya dari Sistem pemerintahan Kerajaan menjadi Republik


Pada tanggal 28 Mei 2008 merupakan hari dimana Nepal merubah sistem pemerintahannya dari Sistem pemerintahan Kerajaan menjadi Republik. Dengan begitu maka kerajaan Nepal berakhir dan berubah bentuk menjadi Republik federal yang sekuler.

Sebelum merubah sistem pemerintahan, maka nepal merupakan satu-satunya kerajaan Hindu di dunia. Namun, Setelah dinyatakan berakhir, maka sudah tidak ada lagi kerajaan Hindu di dunia ini.

Kata "Nepal" diyakini oleh para ahli berasal dari kata "Nepa" yang mengacu pada Kerajaan Newar. Dalam bahasa Sansakerta, negara ini disebut Nepala. Sedangkan dalam legenda masyarakat setempat mengatakan bahwa ada seorang Hindu yang bijak bernama "Ne" berdiri sendiri di lembah Kathmandu di zaman prasejarah. Kata "Nepal" sebagai tempat yang terlindung ("Pala" dalam bahasa Sansakerta) oleh orang bijak. Dengan begitu, arti "Nepal" secara etimologi adalah daerah atau negara yang terlindungi oleh Ne.

Masyarakat yang mendiami daerah Nepal diperkirakan sudah sejak lama, yaitu sekitar 9.000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya perangkat neolitik di lembah Kathmandu. Sumber lain yang terdokumentasikan adalah dari wiracarita India kuno Mahabharata di sekitar abad Milinium pertama. Dalam kisah Mahabharata tersebut disebutkan "orang Kirata", penduduk Nepal. Beberapa sumber menyatakan bahwa sebuah populasi, kemungkinan etnis Tibet-Burma, tinggal di Nepal 2.500 tahun yang lalu. Nepal beralih menjadi republik setelah lebih dari 200 tahun berbentuk kerajaan absolut. Lalu menjadi kerajaan konstitusional pada 1990. Pada pertengahan April 2008 diadakan pemilu di Nepal yang kemudian dimenagi oleh kaum Maois. Kemenangan ini menandai berakhirnya kerajaan bercorak Hindu di Dunia.

Nepal nyaris berbentuk segi empat, dengan panjang 650 km dan lebar 200 km, dengan luas wilayah 147.181 km persegi. India mengelilingi Nepal di tiga sisi, barat, selatan dan timur. Sedangkan untuk sisi utara berbatarsan dengan China. Walaupun Nepal tidak berbatasan langsung dengan Banglades, namun jarang antara kedua negara tersebut hanya dipisahkan sejauh 24 km. Orang Nepal sendiri mengenalnya dengan sebutan leher ayam.
Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget