Ranah Pelecehan Seksual

Disadari atau tidak, pelecehan seksual terhadap anak sering kita jumpai dalam keseharian masyarakat, baik di ranah personal, publik, dan negara
1.      Ranah personal
Kekerasan seksual terhadap anak dilakukan di lingkungan terdekat korban, yang dilakukan oleh orang yang memiliki hubungan darah (ayah, kakak, adik, paman, kakek), kekerabatan, tetangga korban. Dalam tingkat personal ini ternyata tidak sedikit kasus yang terungkap.

2.      Pada ranah publik
Kasus pelecehan seksual terhadap anak yang dilakukan atau terjadi di ruang-ruang publik dimana korban dan pelaku tidak memiliki hubungan kekerabatan, atau darah, seperti di sekolah, di toko, terminal, stasiun, di dalam angkutan umum, di bioskop, di dalam penjara, di rumah sakit, di rumah sakit jiwa, di tempat-tempat umum lainnya, di klub-klub, dan lain-lain. Bisa jadi pelakunya adalah pengasuh, tetangga, guru, tokoh masyarakat, ataupun orang yang tidak dikenal.

3.      Ranah negara

Pelecehan seksual terhadap anak dijadikan modus operasi politik dan militer tertentu, maupun apabila aparat negara membiarkan terjadinya tindak kekerasan seksual terhadap anak di lokasi kejadian. Misalnya kebijakan negara yang mengakibatkan terjadinya pelecehan seksual terhadap anak serta kekerasan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh aparat di waktu perang ataupun operasi-operasi militer di daerah konflik.
Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget