Proklamasi Republik Demokrat Azerbaijan

Republik Demokrat Azerbaijan merupakan republik demokrat dan sekuler pertama di dunia Muslim. Republik ini berbatasan dengan Rusia di utara, Republik Demokratik Georgia di barat-laut, Republik Demokratik Armenia di barat, dan Kekaisaran Persia di selatan.


Pada tanggal 28 Mei 1918 merupakan hari kemerdekaan atau bisa disebut sebagai hari proklamasi kemerdekaan Republik Demokrat Azerbaijan. Republik Demokrat Azerbaijan merupakan republik demokrat dan sekuler pertama di dunia Muslim. Proklamasi tersebut dikumandangkan setelah jatuhnya kekaisaran rusia yang mulai dengan revolusi Rusia pada 1917. Kemerdekaan ini dinyatakan oleh Dewan Nasional Azerbaijan di Tiflis. 
Republik ini berbatasan dengan Rusia di utara, Republik Demokratik Georgia di barat-laut, Republik Demokratik Armenia di barat, dan Kekaisaran Persia di selatan. Luas negara ini secara kasar sekitar 120.000 km², dengan populasi 6 juta jiwa. Ganja merupakan ibu kota sementara republik ini karena Baku dikuasai oleh kaum Bolshevik.

Di bawah Republik Demokratis Azerbaijan, sistem pemerintahan berkembang, dengan parlemen terpilih berdasarkan perwakilan semesta, bebas, dan proporsional. Parlemen ini merupakan organ tertinggi kekuasaan negara dan dewan Menteri yang memegang tanggung jawab. Fatali Khan Khoyski menjadi perdana mentri pertama. Di samping mayoritas nasionalis partai Musavat Azerbaijan, Ehrar, Ittihad, Muslim Sosial-Demokrat, ada juga perwakilan Armenia (21 dari 120 kursi), Rusia, Polandia,Yahudi, dan minoritas Jerman. Beberapa anggota mendukung ide Pan-Islamis dan Pan-Turkisme.



Keberhasilan parlemen dalam memberikan hak memilih kepada kaum wanita membuat Azerbaijan menjadi negara Muslim pertama di dunia yang memberi wanita hak politik yang sama dengan pria. Azerbaijan bahkan mendahului negara seperti Britania Raya dan Amerika Serikat. Pencapaian penting lainnya adalah didirikannya Universitas Negara Baku, yang merupakan universitas modern pertama yang pernah didirikan di Azerbaijan.
Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget