Pengungkapan Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak

Pengungkapan kasus pelecehan seksual merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh orang tua atau pemerintah dalam menekan akngga pelanggranan ini.


Pengungkapan kasus pelecehan seksual merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh orang tua atau pemerintah dalam menekan akngga pelanggranan ini. Di samping itu, pengungkapan kasus memberikan efek zera kepada si pelaku dan juga masyarakat pada umumnya. Dimana si pelaku secara otomatis akan menghentikan prilaku pelecehan seksual karena terpotong oleh adanya pengungkapan tersebut. Sedangkan bagi masyarakat umum adalah mereka akan lebih sensitive terhadap lingkungannya dan akan lebih hati-hati jika dari mereka tersebut ada salah satu orang yang akan melakukan hal serupa. Di samping itu, bagi si pelaku yang sedang atau sudah pernah melakukan pelecehan seksual akan menghentikan aksinya lagi karena merasa takut akan terungkap.

Sisi positif lain adalah adanya rasa dukungan bagi si korban dari keluarga, masyarakat atau lingkungannya dan juga pemerintah akan kasus yang menimpa dirinya. Karena ternyata dari hasil penelitian membuktikan bahwa anak korban pelecehan seksual yang mendapatkan dukungan dari orang lain, terutama orang-orang terdekatnya, meringankan efek traumatik yang dialaminya dibandingkan dengan anak korban pelecehan seksual yang tidak terungkap kasusnya. Ini merupakan salah satu cara penyembuhan psikologis terhadap anak yang menjadi korban pelecehan seksual. Itu artinya bahwa, anak-anak korban pelecehan seksual sangat membutuhkan dukungan dan sumber daya untuk mengurangi stres setelah pengungkapan pelecehan seksual.

Tetapi sebaliknya, jika pengungkapan kasus tersebut malahan menjadi reaksi sosial yang negatif maka si korban akan merasa terancam kesejahteraannya dan akan merasa dirinya adalah orang yang benar-benar buruk di hadapan orang lain. Nah, ini akan memperparah efek psikologis yang ia derita.

Terkadang, mungkin ini merupakan sikap paling banyak di antara masyarakat, banyak kasus dimana ketika anak korban pelecehan seksual mengungkap kejadian yang dialaminya kepada orang terdekatnya atau orang lain, orang yang diajak bicara tersebut tidak merespon secara efektif, bahkan balik menyalahkan si korban. Nah, di sini pentingnya kesadaran masyarakat akan respon yang lebih efektif lagi ketika ada korban pelecehan seksual mengungkapkan kejadian yang dialaminya.

Akademi Psikiatri Anak dan Remaja Amerika Serikat menyediakan pedoman apa yang harus katakan kepada korban dan apa yang harus dilakukan setelah mereka mengungkapkan apa yang terjadi pada mereka.Asa Don Brown telah menunjukkan: "Sebuah cara untuk meminimalkan trauma dan efek yang biasanya dengan memasukkan ke dalam gambaran cara pengasuh orang tua untuk melindungi dan menenangkan anak. Ini biasanya diasumsikan bahwa fokus pada isu-isu anak-anak terlalu lama akan berdampak negatif terhadap pemulihan mereka. Oleh karena itu, pola pengasuhan orangtua dapat mengajarkan anak untuk tidak menyembunyikan sesuatu atau masalah-masalahnya."


Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget