Hanya Ada 2 Pilihan dalam Bisnis

Para pembaca yang budiman.... Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pilihan dalam prihal bisnis. Menurut saya ini penting untuk diketahui oleh para pebisnis, baik yang sudah menjalankan maupun yang akan menjalankan bisnis. Karena banyak di antara pelaku bisnis, terutama yang baru memulai, salah dalam memahami bisnis. 
Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis maka Anda harus siap dengan risiko yang akan dan pati terjadi. Karena risiko tersebut bisa jadi akan menimbulkan Anda kepada jurang yang berbeda dengan kondisi sebelum Anda berbisnis. Namun, jika Anda tidak ingin mengambil risiko tersebut maka sebaiknya Anda mencari kerja yang nyaman dan aman. 

Sebenarnya, jika kita amati lebih jauh mengenai posisi aman dalam mencari rizki adalah dengan bekerja, tidak begitu aman. Coba Anda bayangkan ketika Anda bekerja. Pada saat orang bekerja di sebuah perusahaan dan Anda menduduki sebuah jabatan atau bagian tertentu dengan gaji lumayan besar maka sebenarnya Anda belum sepenuhnya aman. Hal itu disebabkan adanya siklus yang memang sudah menjadi karakter setiap orang. Apa siklus tersebut? Siklus yang dimaksud di sini adalah kepakai dan tidak kepakai oleh perusahaan; semangat dan jenuh dalam menjalankan pekerjaan; serta nyaman dan tidak nyaman dalam bekerja. Itu semua akan dirasakan oleh setiap pekerja yang bekerja di perusahaan yang konon katanya aman dan nyaman. 

Namun, bekerja tidak saman dengan berbisnis. Bekerja tetap akan mendapatkan sesuatu (upah) walaupun posisi Anda dalam keadaan negatif (posisi tidak menguntungkan Anda). Artinya, pada saat Anda dalam keadaan tidak lagi terpakai oleh perusahaan maka perusahaan tetap memberikan gaji kepada Anda. Begitu juga pada saat Anda sedang dalam posisi jenuh dalam menjalankan suatu pekerjaan yang ditugaskan perusahaan kepada Anda, maka Anda akan tetap mendapatkan gaji. Demikian halnya dengan posisi Anda yang tidak nyaman yang dirasakan, maka Anda pun tetap akan mendapatkan upah atau gaji. Sekalipun Anda dipecat dari perusahaan tersebut, Anda tetap mendapatkan gaji. 

Bisnis tidak demikian. Karena ini tergantung dari diri Anda sendiri. Jika Anda benar-benar menjalankan bisnis tersebut dengan penuh keseriusan maka bisnis Anda pun akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Begitu juga sebaliknya. Jika Anda menjalankan bisnis tersebut dengan tidak penuh keseriusan maka hasil yang didapat tidak dapat diharapkan, bahkan Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar. 

Oleh sebab itu, dalam dunia bisnis itu hanya ada dua pilihan yang harus Anda pilih salah satunya. Kedua pilihan tersebut adalah berhasil (sukses) dan gagal (tidak suskses) serta untung dan rugi. Pada saat Anda menjalankan bisnis maka Anda harus memilih salah satu dari kedua pilihan tersebut. Anda di sini tidak bisa memilih kedua-duanya atau tengah-tengah antara kedua pilihan tersebut. 

Ketika Anda sukses atau berhasil atau untung maka kegagalan atau kerugian tidak bisa Anda alami. Begitu juga sebaliknya. Jika Anda gagal atau rugi maka Anda pun tidak bisa mengalami yang namanya keuntungan atau keberhasilan. Itu artinya, dalam menjalankan bisnis Anda harus siap segalanya, terutama siap mental. Siap ketika bisnis Anda mengalami keberhasilan atau keuntungan. Karena di saat seperti ini banyak orang yang terlena dan lupa diri. Sehingga bukannya tambah maju perusahaan atau bisnis tersebut, malah gulung tikar. Begitu juga pada saat Anda mengalami kerugian atau kegagalan. Maka Anda harus siap mental. Karena banyak orang yang stres karena kegagalan dalam berbisnis. Dan, tidak sedikit pula yang melakukan perbuatan yang merugikan orang lain, seperti menipu dll. Atau, bahkan ada yang nekad sampai mengakhiri hidupnya dengan tragis. 

Itu sebabnya Anda harus siap segalanya. Karena dalam bisnis tidak ada istilah coba-coba. Jika Anda menjalankan bisnis dengan coba-coba, maka sebaiknya batalkan niat Anda untuk berbisnis. 
Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget