Advertising (Periklanan)

Periklanan adalah suatu cara, mekanisme, sistem atau pola yang digunakan oleh perusahaan, lembaga, organisasi, atau perorangan dalam mengenalkan atau menginformasikan sebuah produk atau mereknya kepada masyarakat atau calon pembeli mengenai sifat khusus dari produk atau merek tersebut. Iklan biasanya digunakan untuk membujuk calon pembeli untuk membeli produknya dan menginformasikan bahwa produknya memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan produk yang sama dari merek lain sebagai pesaing.

Periklanan merupakan suatu yang penting dalam persaingan yang berdasar perbedaan. Periklanan dapat dikategorikan sebagai suatu cara untuk mendorong permintaan terhadap suatu produk dan membina kesetiaan pada merek dagang yang kuat. Tujuannya adalah penjualan terhadap produk dari merek tersebut. Sehingga dapat menghasilkan income dan sekaligus meningkatkan penjualan.

Ada dua pandangan yang kontras mengenai dapmak periklanan dalam kinerja pasar. Teori pasar statis yang tradisional, di satu sisi menekankan efek salah alokasi dari adanya periklanan. Dalam hal ini, periklanan digambarkan hanya sebagai pengalihan merek antara perusahaan yang bersaing dalam pasar permintaan yang statis secara menyeluruh dan mengakibatkan peningkatan total biaya penawaran dan harga yang akan dibayar oleh konsumen.

Gambar 1: Efek pasar statis.

Gambar di atas menunjukan efek pasar yang statis dari periklanan, kombinasi harga dan output (PQ) tanpa periklanan adalah perpotongan dari kurva penerimaan marjinal (MC). Biaya tambahan untuk periklanan mengakibatkan pergesaran dari kurva biaya marjinal ke MC1, sehingga kombinasi PQ (perpotongan dari MR dan MC1) dengan harga yang lebih tinggi (PA) dan jumlah yang ditawarkan lebih rendah (QA).

Pandangan alternatif dari pandangan periklanan sebagai salah satu hal yang memperluas pasar dan menjamin permintaan bertahan pada tingkat dimana perusahaan dapat mencapai produksi dalam sekala besar yang ekonomis. Sehingga periklanan dapat dikatakan yang lebih rendah dibandingkan dengan yang dikemukakan dalam model statis.

Gambar 2: Kombinasi harga dan output.

Gambar di atas menunjukan kombinasi harga dan output (PQ) tanpa periklanan awal yang memberikan keuntungan maksimal adalah perpotongan antara kurva penerimaan marjinal (MR) dengan kurva biaya marjinal (MC). Dengan adanya periklanan maka permintaan bergeser dari DD ke DADA dengan penerimaan marjinal yang baru MRA. Perluasan permintaan pasar memungkinkan industeri mendapat sekala ekonomis dalam produksi yang lebih besar dan dapat menutupi dalam pasar yang diperluas (MC1) keuntungan maksimum yang baru menghasilkan harga yang lebih rendah (PA) dan harga yang semula dan dengan jumlah yang lebih besar (QA).

Dengan demikian, dalam dunia bisisperiklanan memegang peran penting. Ia berfungsi untuk mendekatkan dan memperkenalkan suatu produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Dengan periklanan, konsumen akan lebih cepat tau terhadap suatu produk.

Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget