Tahapan-Tahapan Pendirian Bisnis Percetakan

Bisnis adalah merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis ini tumbuh subur di Indonesia. bisnis percetakan, Usaha percetakan

Bisnis adalah merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis ini tumbuh subur di Indonesia. Di sampin itu, bisnis percetakan merupakan bisnis meraup keuntungan yang sangat besar. Dengan mesin cetak Anda dapat mendapatkan uang tidak terbatas. Hal ini sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya yang diberi judul: Cara Mencetak Uang dengan Mesin Cetak.


Kali ini saya akan memaparkan bagaimana memulai terjun ke dunia bisnis percetakan. Sehingga Anda tidak lagi bingung harus memulai dari mana. Oleh sebab itu, silahkan Anda simak baik-baik paparan saya ini.

Ada beberapa tahapan yang harus Anda siapkan dalam memulai bisnis percetakan, yaitu;

1. Luruskan Niat

Niat merupakan faktor utama dalam menjalankan sebuah aktivfitas. Niat akan mendorong seseorang untuk memulai dan terus berjalan menjalankan sebuah aktivtas tersebut. Tanpa niat maka sebuah aktivitas akan terbuang begitu saja. Niat merupakan landasan  utama bagi seluruh aktibvitas Anda.


Ingat…!!! “Segala sesuatu itu tergantung dari niatnya.” 

2. Cari dan Buat Nama Perusahaan

Setelah niat Anda lurus, maka selanjutnya adalah perusahaan percetakan Anda akan diberi nama apa?

Nama tentunya sangat penting dalam sebuah usaha percetakan, karena bagaimanapun Anda pasti akan berhubungan dengan orang lain. Jika perusahaan Anda memiliki nama, maka orang lain yang akan menggunakan jasa Anda akan gampang mencari dan mengingatnya. Tapi sebaliknya, jika perusahaan percetakan Anda tidak memiliki nama, maka orang lain yang akan menggunakan jasa Anda akan kebingungan. 

3. Identifikasi Kebutuhan Percetakan

Langkah selanjutnya dalam mendirikan bisnis percetakan adalah mengidentifikasi kebutuhan bisnis percetakan. Kebutuhan percetakan sebenarnya banyak komponennya, tapi paling tidak kebutuhan dasar saja dulu. Karena bagaimanapun kebutuhan dasar tersebut mau tidak mau Anda harus penuhi.

4. Cari SDM Pengelola

Setelah kebutuhan percetakan telah Anda identifikasi dan dapat, selanjutnya tugas Anda adalah mencari Sumber Daya manusia (SDM) pengelola. Ini sangat penting karena berkaitan dengan kinerja lembaga bisnis yang Anda dirikan dan jalankan. Jika perusahaan Anda ingin cepat larinya maka mau tidak mau Anda harus mencari SDM yang sudah mumpuni di bidangnya, terutama bagian keuangan. Tetapi, jika Anda merasa mampu melakukannya sendiri, kenapa tidak!!?? Anda bisa merangkap berbagai bidang pekerjaan, seperti marketing, desain grafis, keuangan, pra cetak, dll.

5. Cari Dana Awal

Langkah yang tak kalah pentingnya adalah dana awal. Langkah ini sangat penting mengingat untuk mengawali sebuah program sekecil apapun tetap dibutuhkan dukungan dana atau modal awal. Dana awal ini diprioritaskan dari Anda sendiri sebagai pendiri bisnis percetakan. Bisa juga dari DP yang diberikan pelanggan Anda yang memberi order cetak. Dana tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan baku dan juga dana awal untuk prosduksi. Bagaimanapun Anda akanmakloon ke percetakan lain tentunya harus pakai DP. Nah, dana DP atau modal awal yang Anda keluarkan dapat digunakan untuk itu.

6. Lengkapi Infrastruktur

Operasional Percetakan akan berjalan lancar jika segala infrastrukturnya terpenuhi. Infrastruktur sangat erat kaitannya dengan kinerja sebuah perusahaan. Kecepatan jalannya perusahaan akan ditentukan dengan seberapa kumplit infrastukturnya. Jika infrastruktur sudah terpenuhi maka kecepatan jalannya perusahaan akan semakin cepat.

7. Lakukan Promosi

Yang tak kalah pentingnya lagi adalah langkah-langkah pengenalan dan penawaran, atau biasa disebut dengan proses promo dan marketing. Karena ini merupakan tolok ukur keberhasilan Anda dalam bisnis percetakan.

8. Mulai Operasional

Jika tahapan-tahapan di atas sudah Anda penuhi, selanjutnya Anda pada tahap operasional atau mengoprasikan usaha percetakan Anda. Sebaiknya tidak menunggu waktu terlalu lama untuk memulai usaha percetakan. 

Itulah beberapa tahapan yang harus Anda siapkan dalam memulai bisnis percetakan. Jika Anda masih ragu dan bingung, jangan segan-segan untuk bertanya melalui komentar di bawah. 

Selamat Memulai Usaha Percetakan!!!

Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget