Mengatasi Masalah Kembung Akibat Makanan pada Anak Batita

Anak rewel karena kembung yang diakibatkan makanan.

Halo para pembaca yang budiman. Kali ini saya akan membahas mengenai Mengatasi Masalah Kembung Akibat Makanan pada Anak Batita.

Kenapa saya membahas hal ini?

Sesuai dengan pengalaman saya pada anak saya yang paling gede nih...

Untuk berbagi pengalaman tidak ada salahnya jika itu bermanfaat. Saya yakin di antara orang tua ada masalah serupa dengan apa yang dialami saya. Saya baru kali ini berbagi pengalaman tersebut kepada Anda. 

Beberapa tahun yang lalu teman saya ngebel ke saya dan meminta tolong untuk menjemputnya di terminal bus. Teman saya tersebut habis jalan-jalan dari Jombang. Dan, saya pun mengiyakannya. 


Singkat cerita, saya pun menjemputnya di terminal bus. Pada saat menjemput saya melihat bahwa dirinya membawa tas dan bungkusan kantong kresek yang tah apa isinya. Tanpa tanya-tanya tentang isi kresek tersebut, saya mengantarnya pulang kerumahnya.

Sesampainya dirumahnya saya langsung pulang, karena waktu itu sudah larut malam. Sebelum saya pulang, dia memberikan saya sebungkus tas keresek yang isinya adalah wingko (oleh-oleh khas Jombang). Dan, baru kali itu juga kalau wingko itu khas Jombang. hehehe.... jadi malu

Wingko.

Sesampainya di rumah, saya dan istri membuka wingko tersebut dan memakannya. Namun, si kecil memintanya terus ingin memakannya. Karena memang kami gak tau maka kami pun, tanpa khawatir, memberikan sedikit wingko itu ke anak saya. Pada waktu itu usia anak saya sekitar 1 tahun. Saya sendiri masih ingat sampai sekarang, waktu itu saya memberikan wingko tersebut pada anak sekitar jam 9.30 malam. Padahal memberikannya hanya satu suapan saja dan itu pun kecil.

Jam 10 malam anak saya rewel, nagis terus, dan tidak bisa dibujuk apapun. Sudah disusuin sama ibunya juga gak mempan. Makin malam anak saya makin rewel. 

Awalnya saya tidak ada pikiran bahwa anak saya tersebut mengalami masalah dalam perutnya. Karena memang anak saya suka tidur relatif malam. Namun, kali ini tidak biasanya. Dia nangis terus dan tidak bisa dibujuk apapun. Saya dan istri sudah berusaha untuk membujuknya agar, paling tidak, nangisnya berhenti. 

Sudah jam 1 malam anak saya makin menjadi rewelnya. Istri saya pun panik dan dia mengajak ke rumah sakit untuk diperiksa. Dia takut ada apa-apa dengan anak. 

Saya berpikir dan bertanya-tanya dalam hati, kenapa anak saya ini bisa rewel kayak gini? Padahal dia tidak sakit apa-apa, sehat-sehat saja. 

Beberapa waktu kemudian saya ingat bahwa sebelum tidur saya suapin wingko. Mungkin karena itu, anak saya jadi rewel kayak gini. Saya ingat juga, bahwa wingko terbuat dari beras ketam, yang notabene katanya gak baik diberikan pada anak yang masih kecil. 

Saat itu juga saya langsung telpon bapak saya. Saya menceritakan kejadiannya dan meminta solusi siapa tau bisa diobati sendiri di rumah. 

Bukannya langsung memberikan solusi, malah bapak saya memarahi saya. Menyalahkan saya yang telah memberikan wingko ke anak saya. Namun, pada akhirnya dia memberikan solusi yang menurut saya sangat manjur dan baik. 

Solusi apa yang bapak saya berikan?

Dia menyarankan saya untuk mencari babadotan di sekitar rumah. 

Tanpa nunggu lama, setelah telpon selesai, langsung saya ke luar rumah untuk mencari babadotan tersebut. 

Ya... Namanya juga di kota. Saya agak lama mencari babadotan tersebut. Namun karena anak, akhirnya saya menemukannya. Saya petik beberapa pucuk saja dan langsung pulang. 

Babadotan.

Sesampainya di rumah, langsung saya menumbuknya dan membalurkannya kepada punggung dan perut anak saya.

Ajaib... Gak nyampai 5 menit, anak saya langsung diam dan tidur. 

Itulah pengalaman saya sendiri dalam mengatasi anak kembung karena makanan. 

Perlu Anda catat adalah: Pertama, Anda jangan coba-coba memberikan makanan yang berbahan dasar beras ketan kepada anak yang masih kecil. Karena lambung anak masih muda dan belum siap menerima makanan-makanan tersebut.

Kedua, bila itu terjadi pada anak Anda, maka tidak ada salahnya jika diatasi dengan babadotan. Caranya: a) ambil pucuk babadotan beberapa pucuk, b) tumbuk babadotan yang tadi diambil tersebut, dan c) balurkan pada punggung dan perut anak. 

Demikianlah tips dari saya dalam mengatasi masalah kembung pada anak. semoga bermanfaat.

Tags:
Reaksi:

Posting Komentar

B575 ID

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget